Penyelesaian Retur Surat Perintah Pencairan Dana pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Sinjai

HIndi, S. Rahmawati AM. (2024) Penyelesaian Retur Surat Perintah Pencairan Dana pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Sinjai. KTTA thesis, Politeknik Keuangan Negara STAN.

[img] Text (Cover)
Cover_S. Rahmawati AM. Hindi_3062220011.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (91kB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak_S. Rahmawati AM. Hindi_3062220011.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (150kB)
[img] Text (Daftar Isi)
Daftar Isi_S. Rahmawati AM. Hindi_3062220011.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (114kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I_S. Rahmawati AM. Hindi_3062220011.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (105kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II_S. Rahmawati AM. Hindi_3062220011.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (389kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III_S. Rahmawati AM. Hindi_3062220011.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (384kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV_S. Rahmawati AM. Hindi_3062220011.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (70kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_S. Rahmawati AM. Hindi_3062220011.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (79kB)

Abstract

Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui prosedur penyelesaian retur SP2D di KPPN Sinjai. Selain itu, peneilitian akan membahas mengenai upaya yang dilakukan dalam rangka penurunan jumlah retur SP2D dan percepatan penyelesaian retur SP2D di KPPN Sinjai. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Retur SP2D adalah penolakan/pengembalian atas pemindahbukuan dan/atau transfer pencairan APBN dari Bank Penerima kepada bank pengirim. Sebagian tahapan proses penyelesaian retur SP2D di KPPN Sinjai masih sesuai dengan prosedur yang ditetapkan pada Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor KEP- 287/PB/2015 tentang Standar Operasional Prosedur pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara. Adapun beberapa tahapan yang sudah tidak sesuai dengan implementasinya dikarenakan adanya perubahan mekanisme dalam penyampaian data dari bank operasional yang menyebabkan semua data retur SP2D saat ini sudah teradministrasi dalam sistem SPAN dan OM-SPAN. Dalam menghadapi retur SP2D yang terus terjadi setiap tahun sejak tahun 2014, KPPN Sinjai melakukan beberapa upaya untuk mengurangi kejadian retur dan mempercepat penyelesaian retur. Upaya untuk mengurangi kejadian retur yang telah dilaksanakan adalah himbauan kepada seluruh Satker mitra, pengecekan informasi supplier menggunakan aplikasi OM-SPAN, menyusun inovasi SOP, dan komunikasi dengan pihak perbankan. Upaya untuk mempercepat penyelesaian retur yang telah dilakukan adalah monitoring data retur SP2D secara berkala, meningkatkan komunikasi dengan satker, menyampaikan surat pemberitahuan retur SP2D pada kesempatan pertama, dan manajemen perubahan user SPAN.

Item Type: Thesis (KTTA)
Uncontrolled Keywords: APBN, retur, belanja
Subjects: 300 – Social sciences > 330-339 Economics > 336 Public Finance > 336.3 Fiscal Policy, Public Borrowing, Debt, Expenditure
PKN STAN Subject Area > Pelaksanaan Belanja Negara
Divisions: 61409 Diploma III Kebendaharaan Negara
Depositing User: Perpustakaan PKN STAN
Date Deposited: 14 May 2025 04:47
Last Modified: 14 May 2025 04:47
URI: http://eprints.pknstan.ac.id/id/eprint/2536

Actions (login required)

View Item View Item